METODE PELAKSANAAN
Metode pelaksanaan kegiatan yang telah dilaksankan dalam program kerja kami khususnya di divisi pendidikan tersusun dan terlaksana secara sistematis dan terencana dengan tahapan sebagai berikut:
Tahap Perancangan: Tahap perancangan dari masing-masing program kerja dilaksanakan selama 1 bulan dengan masing-masing perencanaan program kerja yang terbagi menjadi empat program kerja pokok y1akni sebagai berikut ;
- Membantu mengajar di SDN Wonosari dan MI Nabaul Ulum Desa Wonosari, Ngoro
- Membantu mengajar di TK Pertiwi Desa Wonosari
- Mendampingi serta mengajar di TPQ Roudlotul Athfal Desa Wonosari, Ngoro
- Penggunaan media pembelajaran interaktif (papan touchscreen) dalam pembelajaran di MI Nabaul Ulum Desa Wonosari, Ngoro
- Edukasi pendidikan tentang bullying di MTS Wahid Hasyim
- Mengadakan lomba dalam rangka memperingati hari isra mi'raj di MI Nabaul Ulum, Desa Wonosari, Ngoro.
Tahap Persiapan: Pada tahap persiapan kami melaksanakan koordinasi dengan pihak-pihak terkait pada masing-masing program kerja sebagai berikut.
- Untuk program kerja membantu mengajar di SDN Wonosari dan MI Nabaul Ulum Desa Wonosari, Ngoro. Kami melakukan koordinasi kepada pihak kepala sekolah Pada hari Sabtu 24 Januari 2024.
- Untuk Program kerja membantu mengajar di TK Pertiwi Desa Wonosari, Ngoro. Kami melakukan koordinasi kepada pihak kepala sekolah Pada hari Sabtu 24 Januari 2024.
- Untuk program kerja mendampingi serta mengajar di TPQ Roudlotul Athfal Desa Wonosari, Ngoro. Kami melakukan koordinasi kepada Bapak Santono, selalu ustadz di TPQ tersebut. Pada hari Senin 26 Januari 2024.
- Untuk program kerja penggunaan media pembelajaran interaktif (papan touchscreen) dalam pembelajaran di MI Nabaul Ulum Desa Wonosari, Ngoro. Kami melakukan koordinasi diwaktu yang sama kepada pihak kepala sekolah Pada hari Sabtu 24 Januari 2024
- Untuk program kerja edukasi pencegahan bullying di MTS Wahid Hasyim.
- Kami melakukan koordinasi kepada pihak kepala sekolah Pada hari kamis 29 Januari 2024.
- Untuk program kerja mengadakan lomba dalam rangka memperingati hari isra mi'raj di MI Nabaul Ulum, Desa Wonosari, Ngoro. Kami melakukan koordinasi diwaktu yang sama kepada pihak kepala sekolah Pada hari Jum'at 9 Febuari 2024.
Implementasi Program Kerja:
- Untuk program kerja membantu mengajar di SDN Wonosari MI Nabaul Ulum Desa Wonosari, Ngoro. Di implementasikan pada tanggal 29- 31Januari. Dengan memberikan pengajaran, penugasan, serta memberikan ice breaking kepada peserta didik untuk meningkatkan minat peserta didik saat pembelajaran berlangsung.
- Untuk program kerja membantu mengajar di TK Pertiwi Desa Wonosari. Di implementasikan pada tanggal 29 Januari 2024. Dengan memberikan pengajaran, menggambarkan, menjodohkan serta memberikan ice breaking kepada peserta didik untuk meningkatkan minat peserta didik saat pembelajaran berlangsung.
- Untuk program kerja Penggunaan media pembelajaran interaktif (papan touchscreen) dalam pembelajaran di MI Nabaul Ulum Desa Wonosari, Ngoro. Di implementasikan pada tanggal 1 Febuari 2024. Dengan memberikan pengajaran dengan media pembelajaran interaktif papan touchscreen. Mekanisme pembelajaran diawali dengan mahasiswa KKN-P menjelaskan penggunaan media interaktif papan touchscreen. Peserta didik dapat berinteraksi langsung dengan papan tulis yang terdapat beberapa tombol untuk masuk kedalam materi yang akan di ajarkan. Peserta didik dapat menekan pilihan tombol kemudian dapat menjawab kuis atau pertanyaan yang tersedia di dalam papan touchscreen tersebut. Peserta didik dapatkan berinteraksi langsung dengan media pembelajaran yang telah dibuat oleh mahasiswa KKN-P UMSIDA
- Untuk program kerja Edukasi pencegahan bullying di MTS Wahid Hasyim. Di implementasikan pada tanggal 7 Febuari 2024. edukasi dan sosialisasi bullying di MTS Wahid Hasyim. Mahasiswa KKN-P melaksanakan kegiatan di MTS Wahid Hasyim Desa Wonosari, Ngoro. yakni kegiatan edukasi dan sosialisasi bullying, Dimana tindakan bullying banyak terjadi di era milenial sekarang. kegiatan tersebut di mulai pada pagi hari jam 8 pagi, Mahasiswa KKN-P menyiapkan segala peralatan yang di butuhkan untuk kegiatan sosialisasi. Mahasiswa menjelaskan tentang pengertian bullying serta faktor-faktor pemicu terjadinya bullying dan pencegahan serta penanganannya. Mahasiswa KKN-P meminta salah satu peserta didik untuk memperagakan tindakan bullying untuk memberi contoh kepada para peserta didik. setelah selesai memberi penjelasan mahasiswa KKN-P memberikan kesempatan untuk ara peserta didik untuk mengajukan pertanyaan kepada mahasiswa KKN-P. Sietelah sosialisasi selesai masuk ke sesi foto bersama dengan para peserta dan guru MTS Wahid Hasyim Ngoro Mojokerto dan di akhiri
- Untuk program kerja Mendampingi serta mengajar di TPQ Roudlotul Athfal Desa Wonosari, Ngoro. Di implementasikan Pada tanggal 20 Februari 2024 mahasiswa KKN-P membantu mengajar di TPQ Roudhotul Athfal desa Wonosari yang di lakukan pada sore hari. mahasiswa KKN-P menyimak bacaan iqro Alqur'an serta kitab fiqih. semua mahasiswa KKN-P memiliki kelas yang berbeda-beda. setelah selesai menyimak mahasiswa meminta satu persatu untuk maju ke depan mengulang kembali bacaan Alquran nya serta kitab nya dan di akhiri dengan doa penutup dan salam
- Untuk program kerja Mengadakan lomba dalam rangka memperingati hari isra mi'raj di MI Nabaul Ulum, Desa Wonosari, Ngoro. Di implementasikan Pada tanggal 13 februari 2024. Di mulai pukul 07.00, kami mahasiswa KKN-P UMSIDA mengadakan berbagai macam lomba untuk memperingati isra mi'raj. Pada kelas 1 dan 2 diadakan lomba mewarnai kaligrafi, untuk kelas 3,4,5,6 kami mengadakan lomba adzan, tarian dan menyanyi lagu islami. Setelah menyelesaikan kegiatan lomba kami mahasiswa KKN-P UMSIDA memberikan penilaian untuk masing - masing lomba dengan tingkat juara yg berbeda. Terdiri dari juara 1-3 untuk lomba mewarnai kaligrafi dan juara 1-3 untuk lomba adzan dan tari, nyanyian islami. Kegiatan di tutup dengan pembagikan hadiah dan sertifikat kepada peserta didik yang berhasil menjadi juara. Dan di lanjutkan dengan sesi foto bersama
Monitoring dan Evaluasi : Dilaksanakan untuk mengetahui perkembangan keberhasilan program kerja yang telah dilaksanakan. Program kerja terlaksana dengan baik, tetapi terdapat sedikit kendala untuk mengkondisikan peserta didik yang terlibat. Melalui program kerja ini di harapkan dengan adanya program kerja dan bentuk pengabdian yang telah terlaksana dapat di implementasikan dengan baik dan berkelanjutan